Kamis, 20 Juni 2024, 6:57
Home / BONDOWOSO / RAZIA MAMIN PETUGAS TEMUKAN BANYAK MAKANAN KADALUARSA
Razia Mamin Petugas. Sumber Foto : Zulkiflie

RAZIA MAMIN PETUGAS TEMUKAN BANYAK MAKANAN KADALUARSA

WAGATABERITA.COM – BONDOWOSO. Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, bersama Pihak Kepolisian dan Pol PP setempat, melakukan Inspeksi mendadak atau Sidak, dengan, merazia makanan dan minuman yang di jual di pasaran, Rabu (07/06/2017).

Sasaran razia, meliputi Pasar tradisional, maupun toko – toko penjual makanan dan minuman yang berada di wilayah Bondowoso. Petugas memeriksa satu persatu kondisi barang, serta mengecek masa waktu kadaluarsanya.

Dari Razia itu, petugas menemukan puluhan makanan dan minuman yang masih dijual bebas meskipun telah kadaluarsa. Petugas juga mendapati beberapa produk minuman, yang kemasannya sudah rusak. Petugas, bahkan menemukan produk makanan camilan yang tidak mencantumkan nomer register.

Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso, Mohammad Imron menyampaikan, razia mamin dilakukan untuk menekan peredaran produk makanan dan minuman kadaluarsa, serta yang mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan masyarakat saat bulan Ramadhan.

“Sering kali momen ramadhan dimanfaatkan pedagang maupun produsen nakal, untuk mendapatkan keuntungan dengan menjual produk yang tak memenuhi standart. jika di konsumsi masyarakat dipastikan dapat membahayakan kesehatan,” terang Imron.

Sementara itu, pedagang yang terbukti menjual makanan dengan kemasan rusak. Hanya diberi teguran dan mengisi surat pernyataan untuk menyisihkan produk agar tidak dijual kembali. Namun demikian, bila suatu waktu terbukti masih menjualnya, pedagang nakal akan di proses sesuai hukum yang berlaku. (Zulkiflie/Dir)

Check Also

SERU JABATAN KADES MINTA DIPERPANJANG SAAT INI ADA USULAN JABATAN GUBERNUR DIHAPUS

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Baru bulan Januari lalu para Kepala Desa (Kades) se Indonesia berkumpul melakukan