Kamis, 13 Desember 2018, 22:54
Home / SURABAYA / DIDUGA DIBANGUN DI TANAH SENGKETA TRANSMART GAGAL DIBANGUN
Putusan PN Sedang Diperlihatkan. Sumber Foto : Syamsul Arifin

DIDUGA DIBANGUN DI TANAH SENGKETA TRANSMART GAGAL DIBANGUN

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Rencana pembangunan Carefour Transmart tepatnya di Jl Raya Dukuh Kupang 126 Surabaya menemui ganjalan. Status tanah seluas 8.770 meter persegi yang sesuai rencana bakal dibangun Hipermart tersebut, saat ini disoal oleh Soehartono, pihak yang mengklaim sebagai ahli waris dari lahan tersebut, Selasa (18/07/2017).

Dalam keterangan surat Petok tersebut, disebutkan lahan tersebut adalah milik alm M. Misnan. Berdasarkan petok D yang dimiliki tersebut, akhirnya Soehartono menempuh jalur hukum guna merebut haknya kembali.

Soehartono selaku ahli waris dari alm M Misdan, pemegang surat Petok D 229 persil 2. Boleh dikata, Transmart bakal didirikan di atas tanah yang diduga masih bersengketa.

Selama bertahun – tahun, Soehartono harus melawan kuasa hukum dari retail raksasa PT Alfa Retailindo dalam ajang pertempuran di meja hijau pengadilan guna menuntut haknya kembali. Berdasarkan Surat Hak Milik (SHM) 364, PT Alfa Retailindo inilah yang sempat menguasai lahan tersebut.

Dalam proses hukum, Soehartono pada posisi penggugat, sedangkan PT Alfa Retailindo sebagai tergugat.

Kerja kerasnya tersebut tak sia – sia. Berdasarkan putusan Mahkamah Agung RI tingkat Peninjuan Kembali (PK) nomor 492/Pdt/2007 memerintahkan PT Alfa Retailindo atau siapapun yang menerima hak dari padanya untuk menyerahkan obyek sengketa dalam keadaan kosong kepada Soehartono.

Dalam penetapan tersebut, Sujatmiko (ketua PN Surabaya), Rabu tanggal 19 Juli 2017 besok bakal memanggil pihak PT Alfa Retailindo dan enam para tergugat lainnya dalam proses Aanmaning (teguran) guna mengosongkan obyek sengketa dalam jangka waktu delapan hari setelah penetapan ketua PN Surabaya tersebut dikeluarkan.

Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, putusan PK MA RI tersebut dikuatkan dengan penetapan , Ketua PN Surabaya bernomor 67/Eks/2008/PN.Sby jo 36/Pdt.G/2000/PN.Sby yang dikeluarkan pada 5 Juli 2017 lalu. (Syamsul Arifin/Halu)

Check Also

LAKSDA (P) YUHASTIHAR HADIRI PENGAJIAN DIKAMPUNG SENDIRI

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan warga Jl.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *