Selasa, 23 Oktober 2018, 1:30
Home / HOTNEWS / LONGSOR, RATUSAN RUMAH WARGA DI TRENGGALEK RUSAK
Warga Melakukan Evakuasi Material Longsor Yang Menimbun Rumahnya. Sumber Foto : Ayu Mila Sari

LONGSOR, RATUSAN RUMAH WARGA DI TRENGGALEK RUSAK

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Ratusan rumah warga di Kabupaten Trenggalek tertimbun tanah longsor. Dari ratusan rumah yang menjadi korban tanah longsor yang tersebar di beberapa Kecamatan, diketahui rumah terdampak terbanyak ada di Kecamatan Munjungan dengan total sekitar 80 rumah.

Seperti yang diketahui, bahwa topografi Kabupaten yang dikelilingi pegunungan memang sudah menjadi langganan bencana setiap tahunnya. Hal tersebut justru membuat masyarakat yang tinggal di wilayah dataran tinggi harus ekstra waspada terhadap ancaman bencana yang bisa terjadi kapan saja.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Trenggalek, tercatat sedikitnya ada sekitar 80 rumah warga yang ada di Kecamatan Munjungan yang tertimbun longsor.

Selain di Kecamatan Munjungan, bencana tanah longsor juga menimbun 24 rumah di Kecamatan Panggul, dan 8 rumah di Kecamatan Dongko serta 1 bangunan sekolah yang tertimbun longsor. Sedangkan Kecamatan -Kecamatan lain belum diketahui kepastiannya.

“Kejadian tanah longsor ini terjadi sekira pukul 12 : 00 WIB dini hari. Sebelumnya terdengar suara bergemuruh di tebing belakang rumah. Dan tidak berselang lama, tebing tersebut ambrol sehingga material longsor merusak bangunan rumah,” tutur Karnadi, salah satu korban terdampak longsor saat dikonfirmasi, Selasa (17/10/2017).

Ditambahkan Karnadi, longsor tersebut membuat tembok rumah miliknya hingga jebol. Bahkan material longsor juga masuk kedalam rumah sehingga menbuat rumah mengalami rusak parah.

Terpisah, Bupati Trenggalek Emil Elistianto Dardak mengatakan bahwa pada dasarnya kawasan Kabupaten Trenggalek merupakan kawasan yang rawan terjadi bencana, utamanya di musim penghujan seperti saat ini. Oleh karena itu, pihaknya akan terus berupaya untuk melakukan penanganan preventif, agar musibah tanah longsor bisa dicegah.

“Memang letak geografis yang dikelilingi ini, membuat kawasan Kabupaten Trenggalek rawan terjadi bencana, terlebih saat hujan yang terus – menerus terjadi. Makanya, kita akan melakukan penanganan preventif agar bencana tanah longsor bisa ditekan,” ungkapnya.

Belum diketahui secara pasti total rumah yang menjadi korban tanah longsor, namun hingga berita ini diturunkan diketahui sudah tercatat 109 rumah di 3 Kecamatan yang tertimbun longsor. Sedangkan warga yang menjadi korban tanah longsor juga berusaha melakukan evakuasi dibantu dengan warga sekitar. (Ayu Mila Sari/Halu)

Check Also

TRENGGALEK RAIH PENYAJI TERBAIK FESTIVAL MAKANAN KHAS JATIM 2018

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Kemahiran Chef Andri Setya Waspada owner CW CATERING dalam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *