Selasa, 23 Oktober 2018, 4:33
Home / NEWS / WALIKOTA RUKMINI INGINKAN KETERWAKILAN KAUM PEREMPUAN PADA PILEG
Wali Kota Rukmini Berdiskusi Dengan Kaum Perempuan Probolinggo, Rabu (08/08/2018). Sumber Foto : Zulkiflie

WALIKOTA RUKMINI INGINKAN KETERWAKILAN KAUM PEREMPUAN PADA PILEG

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Partisipatif kaum perempuan dalam pembangunan Kota Probolinggo, Jawa Timur, perlu ditingkatkan guna mencapai kesetaraan gender.

Hal itu disampaikan Wali Kota Rukmini, saat menghadiri acara Sosialisasi Gender dan  Keterwakilan Perempuan Legislatif Tahun 2018, diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Kota Probolinggo.

Dikatakan Wali Kota Rukmini, keterwakilan perempuan pada dunia legislatif (caleg) di Kota Probolinggo tidak ada peningkatan.

Partisipasi aktif perempuan dalam politik di Kota Probolinggo, masih jauh dari harapan. Oleh karenanya, masih dirasakan kesenjangan antara laki – laki dan perempuan.

Untuk meningkatkan peran perempuan, Rukmini berharap adanya kesetaraan gender dalam pembangunan nasional. Tujuannya, mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam kegiatan, khususnya di bidang politik.

“Pembangunan pendidikan politik perempuan perlu ditingkatkan baik dari organisasi, maupun pemantapan pilar – pilar demokrasi,” kata Wali Kota Rukmini, Rabu (08/08/2018).

“Hal itu bisa melalui lembaga legislatif, eksekutif maupun yudikatif, yang aspiratif dan pro terhadap kepentingan perempuan,” tandasnya.

Jelas Wali Kota Rukmini, jika Pemilu kali ini kuota ketentuan dan keterwakilan perempuan, di kursi DPRD ada sekitar 30%. Angka tersebut ia harapkan, agar dimanfaatkan betul bagi kaum perempuan di Kota Probolinggo.

Terpisah, Kepala DPPPAKB Kota Probolinggo, Sukam mengatakan, adanya sosialisasi sendiri dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, dan pemahaman tentang gender.

Serta memberikan motivasi ke kaum perempuan, di bidang politik dan organisasi perempuan. Dimana sosialisasi sendiri, diikuti oleh sekitar 300 peserta.

“Jadi yang ikut sosialisasi ini, diantaranya para calon legislatif,  anggota organisasi perempuan, ketua dan anggota TP PKK, serta perwakilan Ketua RT dan RW Kelurahan Se- Kota Probolinggo,” terangnya. (Zulkiflie)

Check Also

KUNJUNGI LOMBOK PRESIDEN PANGKAS 17 PROSEDUR PENCAIRAN DANA BANTUAN JADI 1 PROSESUR

WAGATABERITA.COM – LOMBOK. Presiden Joko Widodo bertolak ke Kabupaten Lombok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *