Sabtu, 20 April 2024, 18:02
Home / NEWS / KALAPAS KLAS II B PROBOLINGGO DIMUYASI KE NUSAKAMBANGAN
Sertijab Kalapas Klas II B Probolinggo.

KALAPAS KLAS II B PROBOLINGGO DIMUYASI KE NUSAKAMBANGAN

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Meski baru menjabat sekitar 10 bulan, Yandi Suyandi, selaku Kepala Lapas (lembaga pemasyarakatan) klas II B Probolinggo.

Akhirnya diganti oleh Edi Mulyono, dimana sebelumnya Edi menjabat sebagai Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Dumai Pekanbaru.

Namun demikian, digantinya Yandi Suyandi, lantaran ia dipromosikan menjadi Kalapas Klas II A di Pasir Putih, Nusakambangan, Cilacap Jakarta Tengah.

Dikatakan Yandi, meski ia belum sepenuhnya menuntaskan program kerjanya. Namun, beberapa pembenahan sudah dilakukannya seperti, memberikan ruangan khusus dapur, menambah saluran air, mendirikan gazebo untuk tempat ibadah.

Lanjutnya, pendirian gazebo dikarenakan Masjid yang berada di areal hunian para warga binaan, dirasa masih kurang maksimal.

Selama menjabat sebagai Kalapas Klas II B Probolinggo, Yandi mengaku menerapkan sholat lima waktu berjamaah, serta mendirikan perpustakaan.

Dijelaskannya, jika hanya ilmulah yang mampu mengubah pola pikir para penghuni lapas. Lanjutnya, beberapa komitmen bersama Pemerintah Kota Probolinggo, juga telah dilaksanakannya melalui dinas terkait.

Seperti dengan Kantor Kementrian Agama tentang keagamaan, Dinas Lingkungan Hidup bagaimana mengolah limbah yang dihasilkan lapas.

Dinas Pertanian juga memberikan program cocok tanam di Lapas, Dinas perpustakaan membuka ruang baca serta Dinas Kesehatan yang  memberikan layanan kesehatan dan medis.

Tak hanya itu, DKUPP (Dinas Koperasi, Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian) juga membantu perdagangan hasil karya para warga binaan.

“Semua itu sebagai bekal untuk warga binaan, saat keluar dari lapas ini. Untuk bekal mereka menjalani kehidupan yang lebih baik,” terangnya.

Sementara Edi Mulyono mengatakan, di jabatannya yang baru, ia akan menjaga program kerja yang sudah dilaksanakan sebelumnya, dan akan terus berbenah guna mengangkat nama baik lapas klas II B Probolinggo.

Terpisah Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Paeni menyampaikan, jika ia selaku perwakilan Pemkot Probolinggo mengucapkan terima kasih, dan penghargaan setinggi – tingginya kepada Yandi Suyandi, sebagai Kalapas yang selama ini sudah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Probolinggo. Serta juga menyambut dengan baik, Kalapas yang baru Edi Mulyono.

“Tentunya harapan kami dari pemerintah daerah, Edi Mulyono mampu melanjutkan program yang sudah baik, dan menjadikan lapas klas II B lebih baik lagi,” terangnya Selasa (11/09/2018). (Zulkiflie)

Check Also

SERU JABATAN KADES MINTA DIPERPANJANG SAAT INI ADA USULAN JABATAN GUBERNUR DIHAPUS

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Baru bulan Januari lalu para Kepala Desa (Kades) se Indonesia berkumpul melakukan