Selasa, 23 Oktober 2018, 9:06
Home / EKONOMI / EKSPOR HORTIKULTURA SOLUSI BAIK BAGI PETANI

EKSPOR HORTIKULTURA SOLUSI BAIK BAGI PETANI

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Ekspor komoditi hortikultura kembali dilakukan Pemprov Jatim, terbukti kali ini Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo bersama Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman melepas ekspor tiga komoditas hortikultura Jatim di Dinas Pertanian Provinsi Jatim Jalan A. Yani, Surabaya, Senin (08/10/2018). Tiga produk hortikultura ini berupa buah Mangga, Bawang Merah, dan benih Kangkung akan diekspor ke Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, dan China.

Seusai melepas komoditas ekspor tersebut, Pakde Karwo, sapaan lekat Gubernur Jatim mengatakan, pelepasan ekspor terhadap tiga komoditas hortikultura ini merupakan langkah yang tepat dan memberikan solusi yang baik bagi petani. Khususnya, komoditas bawang merah yang harganya sedang mengalami penurunan.

“Ini merupakan keputusan yang tepat dari Bapak Menteri Pertanian. Pada saat harga anjlok untuk komoditas bawang merah, dilakukan ekspor. Langkah ini juga memberikan solusi yang baik bagi petani bawang merah,” jelasnya.

Ketiga komoditi yang diekspor berasal dari berbagai daerah di Jatim. Untuk komoditi Mangga berasal dari Kabupaten Jombang, Kabupaten Kediri, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Lamongan dengan eksportir PT. Mahkota Multi Mandiri. Tujuan ekspor Mangga bervarietas Arumanis tersebut dikirim ke Malaysia dan Singapura, dengan volume atau ekspor awal sebanyak 5 ton dengan target 100 ton untuk tahun 2018.

Untuk komoditas Bawang Merah yang diekspor berasal dari Kabupaten Probolinggo. Komoditi bervarietas Super Philip tersebut diekspor ke Filipina dengan volume ekspor sebanyak 26 ton. Target yang ditetapkan pemerintah sebesar 800 ton untuk tahun 2018. Sedang eksportir komoditi tersebut berasal dari CV. Bawang Mas 99.

Sedangkan komoditas Benih Kangkung berasal dari Kabupapten Lamongan dengan jenis varietasnya bernama KK ASA 04. Komoditas tersebut rencananya dikirim ke Vietnam, China, dan Malaysia dengan volume ekspor awal sebanyak 20 ton, dengan target sebanyak 800 ton di tahun 2018. Sebagai eksportirnya berasal PT. Java Karlos Indonesia. (Red)

Check Also

JANJI IKUTI KEGIATAN WARGA KRUKAH, CAK YUHAS NAIK SEPEDA MOTOR AGAR TAK TERLAMBAT

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Anggota TNI dikenal tepat waktu dan tepat janji disiplin pada semua kegiatannya dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *