Selasa, 23 Oktober 2018, 7:58
Home / EKONOMI / PAKDE KARWO INGATKAN SANGAT BAIK EKSPOR JATIM MENINGKAT ASAL KEBUTUHAN DALAM NEGERI TERCUKUPI

PAKDE KARWO INGATKAN SANGAT BAIK EKSPOR JATIM MENINGKAT ASAL KEBUTUHAN DALAM NEGERI TERCUKUPI

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo bersama Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman melepas ekspor tiga komoditas hortikultura Jatim di Dinas Pertanian Provinsi Jatim Jalan A. Yani, Surabaya, Senin (08/10/2018).

Dilepasnya ketiga komoditas tersebut, diharapkan agar perdagangan antar provinsi dan ekspor ke luar negeri dari Jatim ke negara ASEAN dapat meningkat pada tahun 2018 ini. Perdagangan antar provinsi Jatim tahun 2018 diperkirakan surplus mencapai Rp. 210 triliun dengan rincian semester I mencapai Rp. 101 triliun, dan di semester II diperkirakan mencapai Rp. 110 triliun.

“Artinya perdagangan antar provinsi bisa dikatakan lebih meningkat dibanding tahun lalu yang mencapai Rp. 164 triliun,” ujarnya.

Sedangkan untuk ekspor Jatim ke luar negeri dengan negara ASEAN pada 2017 mencapai 1,5 miliar Dollar AS.

Diperkirakan tahun ini bisa mencapai 2,2 miliar Dollar AS. “Jadi ekspornya kita naik itu bagus. Perlu diperhatikan bahwa ekspor itu bisa dilakukan jika kebutuhan dalam negeri telah tercukupi,” jelasnya sambil menjelaskan masih banyak produk pertanian yang bisa diekspor seperti produk susu yang per harinya bisa memproduksi sebanyak 1.600 ton. (Red)

Check Also

JANJI IKUTI KEGIATAN WARGA KRUKAH, CAK YUHAS NAIK SEPEDA MOTOR AGAR TAK TERLAMBAT

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Anggota TNI dikenal tepat waktu dan tepat janji disiplin pada semua kegiatannya dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *