Rabu, 21 Agustus 2019, 8:40
Home / INTERNASIONAL / KIM BILANG KEKUATAN FISIK MAMPU MEMPERTAHANKAN KEDAULATAN NEGARANYA
Kim Jong Un

KIM BILANG KEKUATAN FISIK MAMPU MEMPERTAHANKAN KEDAULATAN NEGARANYA

WAGATABERITA.COM – PYONGYANG. Uji coba kedua dalam waktu kurang dari satu minggu Korea Utara kembali menembakkan dua rudal jarak pendeknya pada hari Kamis (09/05/2019).

Presiden AS Donald Trump mengatakan “tidak ada yang senang” pada peluncuran rudal ini tetapi Trump masih membuka pintu untuk pembicaraan lebih lanjut dengan Korea Utara.

Korea Selatan mengatakan tes itu mengkhawatirkan dan kemungkinan itu protes terhadap Trump yang menolak untuk mengurangi sanksi ekonomi pada Korea Utara pada pertemuan puncak yang gagal di Hanoi pada Februari lalu.

Korea Utara secara efektif menarik diri dari keterlibatan dengan Washington sejak pertemuan Hanoi antara pemimpinnya Kim Jong Un dan Trump gagal tanpa kesepakatan tentang tuntutan AS untuk membongkar program nuklir Pyongyang dan tuntutan Kim untuk dicabut sanksi hukumnya.

“Hubungan berlanjut, Saya tahu mereka ingin bernegosiasi, mereka berbicara tentang negosiasi. Tapi saya pikir mereka tidak siap untuk bernegosiasi,” kata Trump yang diketahui telah menunda uji coba rudal Korea Utara sejak 2017 sebagai tanda kemajuan dalam perundingannya.

Korea Utara sendiri secara resmi mengumumkan pembekuan dalam rudal balistik antar benua (ICBM) dan uji coba bom nuklir pada April tahun lalu dan Trump menekankan bahwa rudal yang ditembakkan itu bukan jenis yang dapat mengancam Amerika Serikat.

Kantor berita resmi KCNA Korea Utara mengatakan Kim mengawasi latihan serangan tentara, dan mengatakan ia mencatat bahwa perdamaian dan keamanan sejati negara itu dijamin hanya oleh kekuatan fisik yang kuat yang mampu mempertahankan kedaulatannya.

Dalam hal ini Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mendesak semua pihak untuk melanjutkan pembicaraan menuju denuklirisasi, memperingatkan bahwa tindakan terbaru Pyongyang “hanya berfungsi untuk meningkatkan ketegangan,” kata juru bicara PBB Farhan Haq.

Kurang dari seminggu yang lalu, Kim mengawasi uji coba penembakan beberapa roket dan rudal. Itu adalah uji coba rudal balistik pertama Korea Utara sejak peluncuran ICBM pada November 2017 yang dikatakan mampu memberikan hulu ledak di mana saja di Amerika Serikat.

Kedua rudal yang ditembakkan Kamis terbang ke timur dari wilayah barat laut Kusong, kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan. Mereka menempuh jarak 420 km dan 270 km dan mencapai ketinggian sekitar 50 km sebelum jatuh ke laut, kata mereka seperti dikutip cna Jumat (10/05/2019). (Red/*)

Check Also

ABANG BECAK, ANAK DIFABEL DAN YATIM PIATU JADI TAMU KHUSUS PEMPROV JATIM PERINGATAN HUT RI

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Pemerintah provinsi Jawa Timur ingin