Rabu, 21 Agustus 2019, 7:38
Home / INTERNASIONAL / WASPADA PENYAKIT LANGKA MONKEYPOX TELAH MASUK SINGAPURA
Penyakit langka Monkeypox.

WASPADA PENYAKIT LANGKA MONKEYPOX TELAH MASUK SINGAPURA

WAGATABERITA.COM – SINGAPURA. Monkeypox adalah penyakit langka yang disebabkan oleh virus yang biasanya ditularkan ke manusia dari hewan, biasanya kasus penyakit ini banyak terjadi di Afrika tengah dan barat, penyakit ini menular ketika seseorang melakukan kontak dekat dengan hewan yang terinfeksi seperti tikus.

Penularan sesama manusia sendiri jarang ditemui pada penyakit ini tapi tak menutup kemungkinan penyakit yang dikenal sebagai cacar monyet di Indonesia ini dapat menular dari manusia bila melakukan kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.

Gejala monkeypox diawali demam, nyeri kepala, nyeri otot, nyeri punggung, pembesaran kelenjar getah bening, menggigil, dan rasa lelah yang berlebihan. Selain itu, juga dapat timbul ruam pada kulit yang muncul pertama pada bagian wajah, lalu kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Ruam yang timbul umumnya berawal di wajah kemudian timbul pada lengan tangan, dan telapak kaki. Ruam yang awalnya berbentuk bintik kecil akan menjadi benjolan berisi cairan atau nanah, yang kemudian diikuti oleh timbulnya krusta dalam kurun waktu 10 hari.

Selain itu infeksi monkeypox dapat bervariasi, dari munculnya beberapa bisa hingga ribuan lesi yang timbul di rongga mulut, genitalia, kelopak mata, juga pada kornea mata. Monkeypox umumnya mereda dalam waktu sekira 14 hingga 21 hari, namun monkeypox dapat terjadi dalam taraf yang lebih berat sehingga menyebabkan komplikasi serius seperti pneumonia atau bahkan kematian dalam beberapa kasus.

Beberapa waktu lalu diketahui monkeypon menyerang warga Inggris, saat ini monkeypox telah menyerang Singapura yang dialami seorang Nigeria berusia 38 tahun yang tiba pada 28 April dan dinyatakan positif terkena virus pada 8 Mei, kata Kementerian Kesehatan (Depkes) dalam rilis media pada Kamis 9 Mei kemaren.

“Pasien melaporkan bahwa sebelum kedatangannya di Singapura, dia telah menghadiri pernikahan di Nigeria, di mana dia mungkin telah mengkonsumsi daging semak, yang bisa menjadi sumber penularan virus monkeypox,” kata Depkes setempat seperti dilansir cna Jumat (10/05/2019).

Depkes setempat akan melakukan pelacakan bagi orang yang melakukan kontak dekat dengan pasien selama di Singapura, “Mereka yang melakukan Kontak dekat pasien divaksinasi yang dapat mencegah penyakit agar mengurangi keparahan, sebagai tindakan pencegahan, mereka akan dikarantina dan dipantau selama 21 hari sejak tanggal paparan ke pasien,” kata Moh.

Waspadalah dengan mengetahui atau mengalami gejala monkeypox anda perlu segera periksa ke dokter. (Red/*)

Check Also

INI BERBAGAI PENYEBAB KANKER PROSTAT

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Kanker prostat termasuk penyakit yang mematikan,