Senin, 26 Agustus 2019, 17:25
Home / EDUKASI / GELAR MPLS SMPN 1 RAHA BERIKAN PENDIDIKAN NORMA DAN ETIKA
Kepala Sekolah SMPN 1 Raha Kabupaten Muna Sultra, dihadapan wagataberita.com memberikan keterangan tentang kegiatan MPLS

GELAR MPLS SMPN 1 RAHA BERIKAN PENDIDIKAN NORMA DAN ETIKA

WAGATABERITA.COM – MUNA. Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Nusantara yang dimulai pada tanggal 1 Juni hingga berakhir tanggal 6 Juli 2019, telah usai.

Hari ini, Senin (15/07/2019), hampir di seluruh sekolah menengah pertama (SMP) juga secara serentak mulai menggelar Massa Orientasi Sekolah atau yang saat ini disebut sebagai Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), bagi siswa atau peserta didik baru.

Seperti halnya SMPN 1 Raha Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara (Sultra), peserta didiknya dalam pelaksanaan MPLS itu bakal diberikan pendidikan Norma dan Etika untuk melahirkan warga Negara yang berahklaq baik untuk Bangsa oleh pihak Sekolah.

Kepala SMPN 1 Raha, La Ngani, S.Pd, M.Pd, kepada wagataberita.com, di ruang kerjanya menjelaskan bahwa usai proses PPDB, pihaknya akan menggelar MPLS untuk siswa Kelas VII (Tujuh) dengan kesiapan materi yang telah disiapkannya.

“Jumlah peserta didik kami yang baru itu saat pendaftaran sebanyak 262 orang. Dan setelah pendaftaran ulang yang kami lakukan tinggal 232 orang. 232 orang inilah yang akan menjadi peserta didik kami ditahun ajaran 2019 – 2020 nanti, dan mereka merekalah yang akan mengikuti proses MPLS,” Terang La Ngani pengganti Kases Drs Rahman Fetti.

Untuk siswa baru nanti, Kasek SMPN 1 Raha itu juga menjelaskan bahwa sebanyak 232 peserta didiknya itu nanti akan menempati Ruang kelas belajar (RKB) sebanyak delapan Rombel.”

Nantinya mereka akan melaksanakan MPLS di delapan RKB itu. Dengan materi yang kami sudah siapkan yakni materi pendidikan tatakrama, wawasan wiyata mandala,cara belajar aktif, pembinaan mental keagamaan, serta kurikulum. Intinya akan diberikan pendidikan Norma dan Etika,” katanya sembari mengatakan, sehingga dikemudian waktu nanti kita akan bisa melahirkan anak Bangsa yang berahklaq.

Proses MPLS ini, tambah pengganti Rahman Feti itu bahwa akan digelar selama kurun waktu tiga hari yang dimulai hari ini (15/07) hingga tanggal 17 Juli 2019, “Guru – guru kamilah yang terlibat langsung nantinya untuk memberikan pendidikan pengenalan lingkungan kepada peserta didik baru kami, yang sudah tersusun dalam kepanitiaannya,” Ucapnya.

Kasek yang dilantik sejak tanggal 12 desember 2017 oleh Bupati Muna Periode 2016 – 2021 itu, juga menjelaskan bahwa ditahun ajaran baru ini, penerimaan peserta didik yang baru sangat berbeda dengan jumlah peserta didik sebelumnya. Namun itu semua tidak memiliki efec elektoral dari proses PPDB sistem zonasi yang dicanangkan oleh Kemendikbud RI ditahun ini.

“Ditahun ajaran 2018 – 2019 jumlah siswa kami secara keseluruhan sebanyak 714 orang peserta didik. Ditahun ajaran saat ini turun menjadi 680 orang. Itu disebabkan bukan karena proses penerimaan siswa baru menggunakan sistem zonasi, namun semua itu dikarenakan meningkatnya lembaga pendidikan baik Lembaga sekolah Islam maupun sekolah Negeri,” tutupnya. (ZAS)

Check Also

ORIENTASI UK PETRA SELENGGARAKAN WGG AGAR MABA BERPROSES SEMAKIN BAIK

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Kegiatan orientasi bagi mahasiswa baru dengan