Sabtu, 13 April 2024, 13:33
Home / EDUKASI / PEMBUKAAN KKN UNIVERSITAS NAROTAMA DI DESA KETEGAN
Penyerahan MoU oleh Evi Dosen Pembimbing satu (kanan) kepada Nur Diana Kepala Desa Ketegan (kiri).

PEMBUKAAN KKN UNIVERSITAS NAROTAMA DI DESA KETEGAN

WAGATABERITA.COM – SIDOARJO. Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan sebuah kegiatan Mahasiswa untuk melakukan pengabdian mereka kepada masyarakat dimana pelaksanaannya melalui pendekatan lintas keilmuan dan sektoral juga sebagai salah satu syarat kelulusan bagi para Mahasiwa S1 tersebut.

Umumnya kegiatan KKN dilaksanakan oleh Mahasiswa seluruh Universitas di Indonesia yang akan dilakukan di tingkat Desa dengan lama waktu pelaksanaan berkisar kurang lebih satu bulan bertujuan agar setelah lulus Mahasiswa dapat berbaur dan menjalani kehidupan bermasyarakat.

Kegiatan KKN tersebut juga tak luput dari Mahasiswa Narotama Surabaya. Bagi Mahasiswa yang akan memasuki semester 5 atau semester diatasnya yang belum mengambil kegiatan KKN mulai disarankan untuk segera mengambil atau mengikuti kegiatan tersebut karena KKN merupakan salah satu syarat kelulusan nantinya.

Pada KKN Universitas Narotama kali ini dilakukan oleh gabungan Mahasiswa yakni antara fakultas Hukum berkolaborasi dengan Fakultas Ilmu Komputer yang terbagi menjadi beberpa kelompok dan tersebar ke berbagai lokasi di luar Kota Surabaya yakni antara Sidoarjo, Gresik, Probolinggo bahkan di Madura.

Salah satu kelompok KKN Mahasiswa Universitas Narotama yang melaksanakan kegiatan Program kerja mereka di Desa Ketegan, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo hari ini melakukan prosesi pembukaan dimulainya kegiatan KKN mereka dengan mengangkat tema, “Menggerakkan Masyarakat Untuk Peduli Terhadap Perkembangan Digitalisasi Pada Era General Z Serta Penghijauan di Desa Ketegan, Kec Tanggulangin Kab. Sidoarjo.”

Pada sambutannya Dosen Pembimbing satu, mengatakan, “Terima kasih atas kesediaannya menerima Mahasiswa kami melakukan KKN di Desa Ketegan, saya titip Mahasiswa kami, dimohon kesediaannya bekerja sama menerima kedatangan Mahasiswa kami melakukan kegiatan di Desa Ketegan ini,” Ucap Evi Retro Wulan yang juga Dosen Hukum Pidana ini.

Sementara Dosen Pembimbing dua menambahkan, “intinya KKN ini adalah penerapan ilmu – ilmu yang telah dipelajari dimasing – masing jurusan, disini hadir Mahasiswa kami di Prodi Sistem Informasi dimana saat ini seluruh trend dunia saat ini menuju puncak sistem informasi seperti kita lihat saat ini hampir semua orang menggunakan smart phone yang memiliki sistem sedemikian rupa sehingga ada banyak sekali produk aplikasi.” Terang Alexander Machiky Mayestino Triono Soendoro yang akrab dipanggil Machiky ini.

Kepala Desa Ketegan sendiri Nur Diana dalam sambutannya, mengatakan, “saya sangat bangga sekali diadakannya KKN Mahasiswa Narotama di Desa kami ini, kami berharap betah dan Mahasiswa dapat menerapkan ilmunya pada masyarakat disini, selamat datang semoga ilmunya bermanfaat bagi masyarakat kami,” Harapnya.

Pada sesi pembukaan KKN kelompok Mahasiswa ini juga dilakukan penyerahan MoU Kesepakatan kerjasama KKN antara Universitas Narotama dengan Kantor Desa Ketegan yang secara simbolis diserahkan Evi sapaan akrab Dosen Pembimbing satu kepada Nur Diana selaku Kepala Desa Ketegan, Senin (31 – 08 – 2023).

Diakhir acara sempat dilakukan sesi tanya jawab yang dilakukan para tamu undangan yang hadir kepada para Dosen Pembimbing KKN Universitas Narotama. (Mch/Red)

Check Also

BEGINI KEGIATAN WISUDA UNSURI TAHUN 2023

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Universitas Sunan Giri Surabaya Jl. Brigjend Katamso Sidoarjo berhasil