Minggu, 20 Oktober 2019, 0:11
Home / JAKARTA / BANGUN KERETA SEMI CEPAT JAKARTA KE SURABAYA TINGGAL LIMA JAM AN
Kereta api (dokumen)

BANGUN KERETA SEMI CEPAT JAKARTA KE SURABAYA TINGGAL LIMA JAM AN

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Kereta semi cepat untuk rute Jakarta – Cirebon dikabarkan dapat beroperasi pada tahun 2024. Rute tersebut merupakan bagian dari proyek kereta semi cepat Jakarta – Surabaya yang ditargetkan rampung pada 2025.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, “Direncanakan, 2024 itu sudah mulai beroperasi untuk Jakarta – Cirebon,” katanya seperti dikutip cnn Rabu (25/09/2019).

Saat ini tim Badan Kerjasama Internasional Jepang (Japan International Cooperation Agency/JICA) bersama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan melakukan survei persiapan tahap awal hingga Oktober 2020 yang dilanjutkan Pemerintah melakukan pembebasan lahan pada periode 2020 – 2022 sehingga konstruksi pembangunan dapat dimulai pada 2022.

Budi menjelaskan, “Kami intensifkan pembuatan rel baru di Jakarta – Semarang, sedangkan Semarang ke Surabaya memperbaiki line (jalur) yang sudah ada,” terangnya.

Disampaikan nilai investasi proyek kereta semi cepat Jakarta – Surabaya diprediksi mencapai Rp 60 triliun dan belum final tergantung dari hasil survei awal oleh JICA dan BPPT sehingga Pemerintah akan meningkatkan peran swasta dalam proyek ini melalui skema Kerjasama Pemerintah dan badan Usaha (KPBU).

Dijelaskan terdapat tiga kemungkinan skema proyek yang dapat dikembangkan yakni melalui skema KPBU, Transit Oriented Development (TOD) di Cirebon dan Semarang, pengelolaan operasional kereta semi cepat, dan perawatan, “jadi itu bagian – bagian yang paling mungkin dikerjakan oleh swasta baik lokal maupun dari Jepang,” katanya.

Diketahui dengan dibangunnya kereta semi cepat Jakarta – Surabaya akan mempersingkat lama perjalanan antara Jakarta – Surabaya menjadi 5 jam 30 menit dari sebelumnya 9 jam. Kereta itu akan memiliki kecepatan 160 kilometer (km) per jam. (Red/*)

Check Also

SEMPAT MOLOR PELANTIKAN ALEG BUTUR

WAGATABERITA.COM – BUTON UTARA. Pelaksanaan pelantikan 20 Anggota Legislative