Minggu, 20 Oktober 2019, 1:01
Home / NEWS / PLT KADES BONEA GIGIH MEMBANGUN SEIRING NIAT PEMDA
Plt kades

PLT KADES BONEA GIGIH MEMBANGUN SEIRING NIAT PEMDA

WAGATABERITA.COM – MUNA. Walau hanya sebatas pelaksana tugas Kepala Desa (Plt Kades), Desa Bonea, Kecamatan Lasalepa Kabupaten Muna, Muhammad Daud, sangat gigih dalam menjalankan niat Pemerintah Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara, dalam melaksanakan program – program pembangunan yang masih sangat tertinggal di wilayah tugasnya. Melalui dana keberimbangan Pemerintah pusat yakni dengan Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD).

Daud sapaan Plt Kades Bonea itu bersama warga turun langsung kelapangan bersama membenahi wilayah pembangunan yang telah masuk dalam program Desanya.

“Program pembangunan yang kami lakukan berdasarkan hasil Musyawarah kami bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dengan masyarakat. Apa yang menjadi prioritas itulah yang kami bangun. Seperti halnya infrastruktur dasar masyarakat, di antaranya Pasar, Jalan dan Jamban atau MCK,” Katanya, saat ditemui wagataberita.com di wilayah Pasar Bonea yang baru dibangunnya itu, Senin (30/09/2019).

Daud, menjelaskan sejak tahun 2018 dirinya menjalankan amanah yang diberikan dan telah mengusulkan beberapa program kepemerintah daerah, seperti halnya jalan yang sudah lama di bangun hanya dengan pengerasan hari ini telah di aspal.

“Alhamdulillah, melalui propossal yang kami usulkan ke Pemda, jalan yang tadinya hanya pengerasan, kini sudah di aspal. Namun saat ini kami masih terus berusaha membangun akses jalan untuk kebutuhan mendasar warga dari poros jalan besar ke jalan menuju pasar sepanjang 126 meter, dan manfaatnya juga ini nanti untuk nelayan, karena pasar dan dermaga letaknya berada di pesisir pantai. Ini juga nantinya kami akan minta bantuan Pemda untuk di aspal, jika nantinya sudah terselesaikan pembangunannya,” Ucapnya.

Program plt kades

Daud melanjutkan sejak 2018 lalu dari sekian banyak program Desa yang menjadi prioritas, sudah dilaksanakannya bersama BPD dari hasil musyawarah mufakat dan kami pun tidak luput berdayakan masyarakat.

“Pembangunan yang kami lakukan ditahun 2019 ini sudah dua tahap. Untuk tahap pertama Itu Jamban (MCK) sehat dan Dermaga. Tahap kedua, Jalan, lahan parkir dan Duicker semi jembatan. Dan tahap selanjutnya yang telah masuk dalam perencanaan kami adalah tambak ikan dan kepiting bakau yang nantinya akan dikelola oleh Desa dan memberdayakan masyarakat. Kendati demikian saat ini saya masih sementara mengurus izinnya,” Ungkapnya.

Saat ditanyai kapan pemanfaatan Pasar yang di bangun dapat digunakan oleh masyarakat? Plt Kades Bonea itu mengatakan bahwa saat ini sudah masuk dalam tahap proses pembuatan Perdes yang nantinya akan di bahas bersama BPD, yang hasilnya sebentar nanti akan di serahkan ke Kecamatan untuk di tindak lanjuti ke Pemda Muna dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

“Persoalan pasar kita masih buatkan Pedes dulu bersama BPD dan kita akan lanjutkan ke Pemda melalui Kecamatan, untuk mendapatkan izin transaksi jual beli. Dan itupun sebelum digunakan kita akan resmikan dulu, yang nantinya kami akan meminta langsung Bupati Muna, untuk meresmikannya,” Pungkasnya. (ZAS)

Check Also

WAGATABERITA.COM – SUMEDANG. Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Sumedang