Minggu, 29 Maret 2020, 4:11
Home / NEWS / PERINGATAN HARI PEREMPUAN WMS BUAT KONSEP AGAR PEREMPUAN DAPAT KESETARAAN
Aksi WMS pada peringatan hari perempuan Internasional.

PERINGATAN HARI PEREMPUAN WMS BUAT KONSEP AGAR PEREMPUAN DAPAT KESETARAAN

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Dalam rangka peringatan hari Perempuan Internasional kembali digelar Women’s March Surabaya (WMS) di Car Free Day Raya Darmo, Surabaya yang dihadiri dan di dukung oleh berbagai organisasi, komunitas, kelompok perempuan, serta kelompok laki – laki bertujuan memperjuangkan hak perempuan, kaum marjinal, kesetaraan gender dan menolak diskriminasi gender bagi kaum perempuan.

WMS tidak pernah absen sejak 2018 untuk merayakan Hari Perempuan Internasional dengan tujuan menyuarakan aspirasi memperjuangkan hak perempuan, gender, kaum marjinal, dan korban diskriminatif tetapi tahun ini dilaksanakan berbeda selain long march dan orasi tahun ini WMS juga melakukan pembacaan puisi, performance art, dan tari kontemporer. Berbagai kegiatan seni tersebut sehubungan dengan konsep Women’s Rising.

Melalui siaran persnya, WMS menjelaskan, “dengan konsep yang kami usung tahun ini, kami berharap agar perempuan – perempuan bisa semakin bersinar dan mampu mendapatkan kesetaraan atas haknya serta dapat menunjukan bahwa perempuan juga mampu bersinar sesuai dengan kemampuannya,” tulisnya Minggu (08/03/2020).

Pada tahun terdapat 14 tuntutan yang diusung WMS 2020 yang tuntutannya diajukan sebagai dorongan untuk mendapatkan keadilan bagi masyarakat, khususnya bagi perempuan, gender, kaum marjinal, disabilitas, dan korban diskriminatif.

Isi dari 14 tuntutan tersebut terdapat 13 tuntutan telah diusung WMS tahun lalu karena hingga saat ini masih belum ada perubahan diantaranya mendesak Pemerintah untuk segera mengesahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS).

Tambahan tuntutan dilakukan WMS 2020 yakni mendesak Pemerintah mencabut RUU Ketahanan Keluarga yang melanggengkan domestikasi perempuan, diskriminasi gender dan sosial, stigmatisasi keberagaman dan melegalkan intervensi masyarakat ke dalam kehidupan privat. (Red)

Check Also

UNBK SMA DIUNDUR PEMPROV JATIM GUNA CEGAH PENYEBARAN VIRUS CORONA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Antisipasi penyebaran Corona Virus Disease (COVID – 19)