Jumat, 19 April 2024, 11:32
Home / NEWS / RAKOR CEGAH CORONA KHOFIFAH MINTA SEMUA KOORDINASI DENGAN ENAM REGULASI
Rakor Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui video konferensi dengan 38 Bupati Walikota se Jawa Timur.

RAKOR CEGAH CORONA KHOFIFAH MINTA SEMUA KOORDINASI DENGAN ENAM REGULASI

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Rapat koordinasi yang diselenggarakan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui video konferensi dengan 38 Bupati Walikota se Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Surabaya yang didampingi Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak dan Sekretaris Daerah Provinsi Jatim serta menghadirkan lima narasumber, yaitu Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kepala Perwakilan BPKP Jawa Timur, Kepala Kantor Perbendaharaan Keuangan Negara Jatim dan Direktur RSUD Dr. Sutomo Surabaya.

Khofifah menjelaskan, untuk menghadapi penyebaran Covid – 19 di Jatim ini maka diperlukan koordinasi secara vertikal maupun horizontal termasuk pembentukan Gugus Tugas Penanganan Covid – 19 di daerah berdasarkan enam rergulasi, yaitu SK. Kepala BNPB No. 6A tahun 2020, Keputusan Presiden R.I No. 7 tahun 2020, Instruksi Presiden No. 4 tahun 2020, Peraturan Menteri Keuangan No.19 tahun 2020, Surat Edaran Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 19 tahun 2020 dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 440/2436/SJ tentang Pencegahan Penyebaran COVID – 19.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 ada empat rumpun, yaitu promotif – preventif yang bertugas fokus untuk peningkatan pencegahan Covid – 19, seperti melakukan penyemprotan disinfektan, rumpun Kuratif yaitu fokus pada pertolongan dan pengobatan, rumpun Tracing yaitu bertugas melakukan pendataan penelusuran jejak orang yang pernah berinteraksi dengan pasien Covid – 19 dan rumpun tugas penanganan dampak sosial dan ekonomi akibat Covid – 19 ini.

Diketuai oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jatim yang juga menjabat Kepala BPBD Jatim, Heru Tjahjono menjadi tugasnya, “dalam Pencegahan dan Penanganan Covid – 19 di Jawa Timur ini kita perlu melakukan koordinasi secara vertikal maupun horizontal termasuk dalam pembentukan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di daerah kabupaten kota se Jatim, maka rakor ini digelar bersama bupati walikota,” terang Gubernur. (Red)

Check Also

PSI MENANG BPJS GRATIS MULAI DIGAUNGKAN DI SURABAYA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Tak main – main janji program yang akan dilakukan Partai Solidaritas Indonesia …