Sabtu, 18 September 2021, 5:16
Home / JAKARTA / PPKM DARURAT LANJUT INI ATURAN YANG DIRUBAH
Presiden Jokowi.

PPKM DARURAT LANJUT INI ATURAN YANG DIRUBAH

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Putusan untuk kembali melanjutkan penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 kembali diumumkan oleh Presiden Joko Widodo yang akan berlaku dari tanggal 26 Juli hingga tanggal 2 Agustus 2021 mendatang dengan sejumlah pertimbangan dilakukan mulai dari aspek kesehatan, aspek ekonomi, hingga dinamika sosial kebikakan ini diambil Presiden bersama jajarannya

Kata Presiden seperti dikutip dari laman resminya Senin (26/07/2021), “dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi, dan dinamika sosial, saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021. Namun, kita akan melakukan beberapa penyesuaian terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat yang dilakukan secara bertahap dengan pelaksanaan yang ekstra hati – hati,” katanya.

Dari Istana Merdeka, Jakarta sejumlah penyesuaian yang dilakukan Pemerintah dalam penerapan PPKM diumumkan Presiden diantaranya adalah pasar rakyat yang menjual sembako sehari – hari diperbolehkan buka seperti biasa dengan protokol kesehatan yang ketat.

Sementara pasar rakyat penjual bukan kebutuhan pokok sehari – hari diizinkan buka dengan diatur kapasitasnya maksimal hanya 50 persen dan hanya sampai dengan pukul 15 : 00 yang mana aturan selanjutnya dilakukan oleh Pemerintah Daerah.

Selanjutnya bagi Pedagang kaki lima, agen atau outlet voucher, toko kelontong, pedagang asongan, pangkas rambut, laundry, cucian kendaraan, bengkel kecil, dan usaha – usaha kecil lain yang sejenis diperbolehkan buka dengan menjalankan protokol kesehatan ketat hingga pukul 21 : 00 dimana pengaturan teknisnya diserahkan oleh Pemerintah Daerah.

Bagi lokasi usaha seperti warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya dengan kondisi tempat usaha di ruang terbuka juga diperbolehkan dibuka dengan penerapan protokol kesehatan ketat dengan waktu buka hingga pukul 20 : 00 dengan maksimal waktu makan untuk setiap pengunjung hanya 20 menit.

Walau tren perbaikan terjadi pada pengendalian pandemi covid – 19 dan laju penambahan kasus, tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit atau BOR juga positivity rate mulai menunjukkan tren penurunan sehingga putusan ini diambil tetapi kehati – hatian dan kewaspadaan tetap wajib dilakukan khususnya menghadapi varian delta yang sangat menular.

Tambah Presiden, “pertimbangan aspek kesehatan harus dihitung secara cermat dan pada saat yang sama, aspek sosial ekonomi masyarakat, khususnya pemenuhan kebutuhan hidup sehari – hari juga harus diprioritaskan, terakhir, saya mengajak seluruh lapisan masyarakat, seluruh komponen bangsa untuk bersatu padu dan bahu – membahu melawan covid – 19 ini. Dengan usaha keras kita bersama, Insyaallah kita bisa segera terbebas dari covid – 19 dan kegiatan sosial ekonomi masyarakat bisa kembali normal,” tutupnya. (Red)

Check Also

LAGI DUA VAKSIN TERBARU BISA DIGUNAKAN INDONESIA

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Terus berupaya melakukan vaksin guna