Minggu, 24 Oktober 2021, 4:41
Home / JAKARTA / KATA MENKO MARINVES LANJUTKAH PPKM DARURAT

KATA MENKO MARINVES LANJUTKAH PPKM DARURAT

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa – Bali sejak 3 Juli 2021 lalu dikabarkan mampu menurunkan mobilitas dan aktivitas masyarakat sehingga diharapkan mampu menekan laju penyebaran covid – 19 yang belakangan kembali melonjak dimana salah satu penyebabnya adalah varian Delta yang tingkat penularannya tinggi.

Menko Maritim dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, “hasil monitoring kami terhadap indikator Google Traffic, Facebook Mobility, dan Indeks Cahaya Malam telah terjadi penurunan yang cukup signifikan terhadap penurunan mobilitas dan aktivitas masyarakat,” ungkapnya dikutip laman Setkab Minggu (18/07/2021).

Pada wilayah DKI Jakarta dan Bali penurunan mobilitas dan aktivitas cukup baik sehingga diharapkan PPKM darurat diterapkan konsisten serta diikuti provinsi lain, “saya minta teman – teman di semua tempat di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, untuk bahu – membahu dan tempat lain penjuru Tanah Air untuk melawan varian Delta ini,” pinta Luhut.

Walau tak langsung berdampak pada penurunan penambahan kasus yang disebabkan adanya masa inkubasi virus lanjut Luhut, “hasil penelitian dari berbagai institusi dibutuhkan waktu kurang lebih 14 – 21 hari, untuk kemudian penambahan kasus ini bisa mulai flattening atau mulai rata dan menurun. Hal itu sangat mungkin terjadi jika kita semua konsisten terhadap pelaksanaan PPKM ini,” jelasnya.

Sesuai arahan Presiden Jokowi penanganan pandemi terus dilakukan Pemerintah diantaranya menjamin ketersediaan layanan kesehatan, “meskipun kami terus bekerja keras menambah fasilitas rumah sakit itu, hal ini hanyalah solusi sementara. Solusi permanen adalah menjalankan protokol kesehatan yang ketat dan mempercepat program vaksinasi yang Presiden perintahkan berkali – kali dan mengecek berkali – kali mengenai ini agar tercipta herd immunity,” bilang Luhut.

Kata Koordinator pelaksanaan PPKM Darurat ini evaluasi pelaksanaannya masih dilakukan dan kebijakan langkah yang akan diambil segera diputus, “saat ini kami sedang melakukan evaluasi terhadap apakah PPKM dengan jangka waktu dan apakah dibutuhkan perpanjangan lebih lanjut. Kami akan laporkan kepada Presiden dan saya kira dalam 2 – 3 hari ke depan kita juga akan mengumumkannya secara resmi,” tutupnya. (Red)

Check Also

PPKM LANJUT INI RINCIAN LEVEL WILAYAH JAWA BALI

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih dilakukan