Selasa, 19 Januari 2021, 2:21
Home / JAKARTA / PUTUSAN RAKOR PENANGANAN COVID DUA HAL INI HARUS DILAKUKAN SEBELUM ANDA KE BALI
Lokasi Kuta Bali

PUTUSAN RAKOR PENANGANAN COVID DUA HAL INI HARUS DILAKUKAN SEBELUM ANDA KE BALI

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan covid – 19 di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali, yang dilaksanakan secara virtual dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan yang juga Wakil Ketua Komite Penanganan covid – 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Dalam Rakor ini diputuskan agar Pemda setempat melakukan perhatiannya melakukan pengetat saat musim liburan Natal dan pergantian tahun yang dimulai sejak tanggal 18 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021 mendatang karena melihat kasus covid – 19 kembali meningkat pasca libur dan cuti bersama pada akhir Oktober.

“Jumlah angka positif dan angka kematian terus meningkat pasca libur di 8 dan 20 Provinsi, setelah sebelumnya trennya menurun,” ujar Luhut menambahkan terjadi di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sumatra Utara, Bali, dan Kalimantan Selatan.

Selain beberapa Provinsi yang mendapat arahan wakil ketua KPCPEN ini juga memberi arahan pada wilayah Provinsi Bali agar melakukan pengetatan protokol kesehatan di rest area, hotel, dan tempat wisata, Selasa (15/12/2020).

“Kami minta untuk wisatawan yang akan naik pesawat ke Bali wajib melakukan tes PCR H – 2 sebelum penerbangan ke Bali serta mewajibkan tes cepat antigen H – 2 sebelum perjalanan darat masuk ke Bali,” perintah Luhut.

Menteri Kesehatan (Menkes), Kepala BNPB, dan Menteri Perhubungan (Menhub) diminta segera mengatur mekanisme prosedurnya, “saya minta hari ini SOP untuk penggunaan rapid test antigen segera diselesaikan,” pesan Luhut.

Tampak hadir dalam Rakor virtual tersebut Menkes Terawan, Menhub Budi Karya Sumadi, Ketua BNPB Doni Monardo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Bali I Wayan Koster, perwakilan Gubernur Jawa Tengah, serta Pangdam dan Kapolda terkait. (Red)

Check Also

LOLOS BPOM BERIKUT EFEK SAMPING VAKSIN PRODUKSI SINOVAC

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Percepatan penanganan covid – 19 dengan cara melakukan