Sabtu, 8 Mei 2021, 18:02
Home / JAKARTA / MUDIK LEBARAN KEMBALI DILARANG TAHUN INI BERIKUT SURAT EDARAN SATGAS COVID
Doni Monardo.

MUDIK LEBARAN KEMBALI DILARANG TAHUN INI BERIKUT SURAT EDARAN SATGAS COVID

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Bulan Suci Ramadan 1442 Hijriah disusul dengan hari raya Idulfitri segera tiba. Dalam upaya Upaya Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (covid – 19) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan covid – 19 menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idulfitri Tahun 1442.

Ketua Satgas Doni Monardo menandatangani SE tangga 7 April 2021, “Surat Edaran ini berlaku efektif mulai tanggal 6 – 17 Mei 2021 dan akan ditinjau lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan dan/atau dengan perkembangan terakhir di lapangan,” bunyi SE dilansir laman Seskab Kamis (08/04/2021).

Menghadapi resiko meningkatnya laju penularan covid – 19 yang berpotensi terjadi akibat peningkatan mobilitas masyarakat dibulan suci Ramadan dan Hari Raya Idulfitri tahun ini baik dari kegiatan keagamaan, keluarga, maupun pariwisata penerbitan SE dilakukan dan bila dilanggar akan dikenakan sanksi denda, sanksi sosial, kurungan dan/atau pidana sesuai dengan peraturan perundang – undangan.

Guna mengatur pembatasan mobilitas masyarakat dan mengoptimalisasi peranan dan fungsi vital posko covid – 19 ditingkat desa/kelurahan yang sangat penting dalam upaya pengendalian penyebaran covid – 19 ditingkat mikro selama Ramadan dan Idulfitri maksud SE ini disusun.

Bertujuan memantau, mengendalikan, dan evaluasi pencegahan meningkatnya penularan covid -19, “periode peniadaan mudik Idulfitri Tahun 1442 Hijriah adalah tanggal 6 – 17 Mei 2021 dan upaya pengendalian covid – 19 adalah selama bulan suci Ramadan serta Hari Raya Idulfitri,” bunyi SE selanjutnya.

Empat ruang lingkup yang diatur dalam SE seperti protokol kesehatan umum, pengendalian kegiatan ibadah selama bulan Ramadan dan shalat Idulfitri, peniadaan mudik tanggal 6 – 17 Mei 2021 bagi seluruh wilayah Indonesia termasuk optimalisasi fungsi posko covid – 19 desa/kelurahan untuk pencegahan dan pengendalian penyebaran covid – 19.

Penerbitan SE dilakukan dengan berbagai dasar hukum seperti keputusan Rapat Terbatas tanggal 23 Maret 2021, Surat Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Nomor S-21/MENKO/PMK/III/2021 tanggal 31 Maret 2021, serta Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKM Mikro) dan Mengoptimalkan Posko Penanganan covid – 19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran covid – 19 yang terbit pada tanggal 5 April 2021.

Dalam SE dicantumkan pengertian mudik dimaksud kegiatan perjalanan pulang ke kampung halaman selama bulan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri Tahun 1442 H dan ketentuan yang diatur dalam SE yakni protokol peniadaan mudik, pencegahan, dan pengendalian covid – 19 ; sosialisasi; pemantauan, pengendalian, dan evaluasi; hingga sanksi. (Red)

Check Also

DIANGGAP IKON JODHI RILIS SINGLE RELIGI DARI PUISI KARYA CHAIRIL ANWAR DOA

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Tak hanya Wartawan senior Jodhi Yudono yang juga