Minggu, 11 April 2021, 16:28
Home / NEWS / KADIS KOMINFO SAMPAIKAN 4 HARAPAN GUBERNUR JATIM PADA PPID
Kepala Biro Humas Dan Protokol Pemprov Jatim Drs. Benny Sampir Wanto, M.Si diruang Kerjanya Kantor Gubernur Surabaya.

KADIS KOMINFO SAMPAIKAN 4 HARAPAN GUBERNUR JATIM PADA PPID

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Rapat koordinasi (Rakor) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur (Diskominfo) Jatim, Drs Benny Sampirwanto MSi, Selasa (23/02/2021)

Benny menyampaikan harapan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada keberadaan PPID agar berjalan optimal dan mampu melaksanakan beberapa tugas seperti mampu mengemban tugas sebagai humas Pemerintah, rajin update data dan informasi terkini terkait kinerja unit kerjanya, mengoptimalisasikan konten untuk akun media sosial official, terakhir mampu membangun sinergi antar OPD.

Walau telah diundangkan sejak tahun 2008 dan diberlakukan sejak tahun 2010 menurut Benny jalannya Keterbukaan Informasi Publik (KIP) kurang optimal padahal Undang – Undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang merupakan hasil reformasi dengan ketentuan hampir 99 persen terbuka dan sebagian kecil yang tertutup.

Kata Benny lagi, “jadi informasi publik menurut UU KIP hampir seluruhnya terbuka dan sebagian kecil tertutup, terbuka karena semua kegiatan yang mengunakan anggaran APBN dan APBD adalah anggaran rakyat, sehingga harus terbuka dipublikasikan ke publik,” ungkapnya.

Karena belum dirumuskan secara baik, banyak website OPD yang kurang enak dipandang harus dirubah dan Diskominfo Jatim segera berikan pelatihan menulis bagi para PPID. Kendala terbesar adalah pimpinan OPD yang kurang peduli, kurang update karena kurang aktif publikasi informasi publik termasuk kurangnya kerja sama dan koordinasi antar unit kerja, “juga kurangnya memahami keterbukaan. Informasi publik,” ungkap Benny.

Undang – Undang yang mengatur informasi terbuka juga terdapat yang dikecualikan yang artinya terbuka tetapi bukan telanjang seluruhnya. “ada yang terbuka semuanya, ada yang kepalanya saja atau sebagian dari informasi terbuka sesuai peraturan perundangan,” jelas Benny.

Perombak total wajib dilakukan bila PPID pasif termasuk mengoptimalkan website PPID dan isinya agar aktif memutakhirkan data dan kebaruan informasi publik bagi setiap kegiatan agar menarik perhatian pembaca website dengan membuat rubrik galeri. (Red)

Check Also

AYO BUKA PUASA BERSAMA DI YELLO HOTEL SURABAYA KAMPOENG RAMADHAN VOL 3 KEMBALI DIBUKA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Masa Ramadhan akan segera tiba, bagi umat muslim