Sabtu, 8 Mei 2021, 17:47
Home / EDUKASI / DOSEN DAN MAHASISWA DESAIN UK PETRA LAKUKAN INI DI KAMPUNG HERBAL
Kegiatan Mahasiswa UK Petra di Kampung Herbal.

DOSEN DAN MAHASISWA DESAIN UK PETRA LAKUKAN INI DI KAMPUNG HERBAL

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Dr. Laksmi Kusuma Wardani, S.Sn., M.Ds., selaku ketua tim peneliti dari prodi DI UK Petra mengatakan, “bersama warga kami akan melakukan Interior Styling Perpustakaan Herbal dan Pelatihan Eco Print. Aksi ini sebagai implementasi hasil hibah skema Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) dan Leadership Enhancement Program (LEAP),” ungkapnya.

Bertujuan berbagi ilmu dengan warga Kampung Herbal hal itu dilakukan bersama tiga orang dosen Program Studi Desain Interior (Prodi DI) UK Petra dan mahasiswa, Sabtu, (24/04/2021) dimulai pukul 09 : 00 WIB.

Berbagai prestasi memenangkan lomba bertemakan lingkungan maupun literasi banyak diperoleh Kampung Herbal yang berada di jalan Nginden gang VII – RT 9/RW 5 Kelurahan Nginden Jangkungan ini bahkan SDM nya kompetitif serta mau berkembang.

Hasil temuan tim peneliti prodi DI UK Petra beranggotakan Dr. Laksmi Kusuma Wardani, S.Sn., M.Ds. (ketua tim), Diana Thamrin, S.Sn., Arch dan Ronald H.I.Sitindjak, S.Sn., M.Sn., bersama dua mahasiswanya telah melakukan survei dan presentasi desain sebelumnya.

Sehingga terpantau sarana dan prasarana fasilitas aktivitas warga perlu ditingkatkan, “maka dari itu kami mengajak serta para mahasiswa melakukan penelitian di sini. Sebab kegiatan ini sebagai wujud kontribusi riil pada masyarakat Surabaya sekaligus media belajar mahasiswa prodi Desain Interior UK Petra. Kegiatan yang kami lakukan ini juga sejalan dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan implementasi program Leadership Enhancement Program (LEAP) di UK Petra,” jelas Laksmi.

Dengan penjelasan materi dan bahan serta teknik Eco Print, ibu – ibu akan membuat alas kain jok Bench yang sebelumnya dibuat dengan teknik Eco Print, “Rencananya kami akan menggunakan daun setempat, ditambah dengan pewarna alami seperti secang dan tunjung agar kain yang dihasilkan ramah lingkungan baik dari proses pembuatan hingga limbahnya.” terang Laksmi.

Styling Interior Perpustakaan juga akan dilakukan antara lain mendesain panggung, membuat backdrop area semi outdoor dan background foto dengan menggunakan bambu apus dan bambu kuning dalam membentuk goresan organik termasuk lampu gantung, tanaman serta lantai rumput sintetis dan akan dibuat beberapa barang di Laboratorium kayu UK Petra yakni meja front office, rak herbal dan Bench serta fasilitas lesehan. (Red)

Check Also

DUKACITA MENDALAM KHOFIFAH ATAS GUGURNYA SELURUH PRAJURIT KRI NANGGALA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Seperti diinformasikan sebelumnya kapal selam KRI