Selasa, 23 Oktober 2018, 20:46
Home / EKONOMI / PERTUMBUHAN INVESTASI TAK MAMPU BENDUNG JUMLAH PENGANGGURAN DI TRENGGALEK
Kepala Dinas Perindustrian Dan Tenaga Kerja Kabupaten Trenggalek, Yudi Sunarko.

PERTUMBUHAN INVESTASI TAK MAMPU BENDUNG JUMLAH PENGANGGURAN DI TRENGGALEK

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Penyerapan angka tenaga kerja di Kota Keripik Tempe diketahui melambat, sehingga hal tersebut berdampak pada angka pengangguran yang terus menjamur. Dari data yang dihimpun Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Trenggalek hingga pertengahan tahun 2018, penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Trenggalek dinilai masih cukup lambat.

Akibatnya, tingkat pengangguran terbuka cukup tinggi dan terus menerus bertambah dalam setiap tahunnya.

Minimnya lapangan pekerjaan di Kabupaten Trenggalek, diduga menjadi pemicu lambatnya tingkat penyerapan dan angkatan kerja. Sehingga penambahan angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) mengalami pertumbuhan yang sangat drastis.

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Trenggalek, Yudi Sukarno mengatakan bahwa angka TPT selama setahun terlahir dinilai masih cukup tinggi. Berdasarkan data yang dihimpun Badan Pusat Statistik (BPS), pada setahun terakhir angka TPT di Kabupaten Trenggalek berada di angka 10.000 jiwa,” ungkapnya saat ditemui dikantornya, Selasa (03/07/2018).

Diakui Yudi sapaan akrabnya, penyerapan tenaga kerja dari sektor industri dan jasa khususnya di Kabupaten Trenggalek sebenarnya sudah mengalami peningkatan. Akan tetapi, hal tersebut tak sebanding dengan pertumbuhan angkatan kerja yang terus bertambah.

Menurut data BPS, angka pengangguran di Kabupaten Trenggalek selama setahun terakhir terbukti mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Penambahan ini bertambah seiring jumlah lulusan pelajar tingkat SMA maupun Perguruan Tinggi dalam setiap tahunnya.

“Terlebih lagi, angka pertumbuhan investasi untuk Kabupaten Trenggalek nyatanya juga belum mampu membendung jumlah angka pengangguran setiap tahunnya. Oleh karenanya, TPT yang ada selalu meningkat dari tahun – tahun sebelumnya,” imbuhnya.

Diketahui nilai investasi dari sektor industri ini juga menjadi salah satu pemicu lambatnya penyerapan angkatan kerja Kabupaten Trenggalek.

Meski begitu, pertumbuhan investasi di Trenggalek saat ini justru didominasi dari sektor perdagangan dan jasa. Namun pertumbuhannya hanya mampu menampung tenaga kerja dalam jumlah kecil.

“Kami berharap agar ada peningkatan pertumbuhan investasi dari sektor industri. Pasalnya hal ini bisa menjadi solusi jangka panjang untuk meningkatkan penyerapan angkatan kerja,” pungkas Yudi.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan pembinaan penciptaan lapangan kerja baru melalui beberapa pelatihan kerja. (Ayu Mila Sari)

Check Also

TRENGGALEK AGRO PARK, TAMAN EDUKASI BERTEMAKAN PERTANIAN

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Pemerintah Kabupaten Trenggalek kian serius wujudkan taman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *