Senin, 26 Agustus 2019, 16:21
Home / BATAM / KAPAL TAIWAN BERMUATAN BANTUAN TRANSPORTASI PERIKANAN DI PERIKSA ANGKATAN LAUT INDONESIA
Foto : Ilustrasi (isimewa)

KAPAL TAIWAN BERMUATAN BANTUAN TRANSPORTASI PERIKANAN DI PERIKSA ANGKATAN LAUT INDONESIA

WAGATABERITA.COM – BATAM. Kapal Taiwan dengan nama “Yong Man Shun” (永滿順) diperiksa oleh pihak Angkatan Laut Indonesia, siang hari Selasa, (06/08/2019). Saat ini perahu yang berisi 21 orang tersebut ditahan di Batu Ampar, Pulau Batam dan Kementerian Luar Negeri Taiwan pun aktif melakukan negosiasi terkait hal tersebut.

Dilansir dari Central News Agency (CNA), Kepala Biro Kelautan Kota Kaohsiung, Zhao Shaolian (趙紹廉) mengkonfirmasi bahwa Kapal “Yong Man Shun” diperiksa oleh angkatan laut Indonesia saat terdampar di Batam. Ia pun menyatakan bahwa kapal tersebut merupakan kapal transportasi untuk bantuan transportasi perikanan. Kapal ini sendiri berisi berbagai produk perikanan dan karena membutuhkan kesegaran yang optimal, maka produk – produk hasil tangkapan tersebut tidak dapat ditunda terlalu lama.

Pihak TETO di Indonesia juga menyatakan hal yang sama, diperiksa dan saat ini perwakilan di Indonesia telah berusaha menghubungi pihak pemerintah Indonesia. Jika terbukti tidak ada kesalahan, maka kapal tersebut seharusnya telah dilepaskan secepatnya. Di sisi lain, pihak pemerintah Taiwan juga telah mengajukan izin untuk memasuki kawasan tersebut dan melakukan negosiasi untuk bantuan konsultasi bagi perahu yang tertahan.

Kapal “Yong Man Shun” diketahui diperiksa oleh Angkatan Laut Indonesia pada hari Selasa, (06/08) pada pukul 16 : 10 setelah Departemen Perikanan Taiwan mendapatkan pemberitahuan dari pusat pemantauan perikanan. Kapal ini diminta untuk menghentikan kegiatannya dan berhenti di Pelabuhan Batu Ampar, Batam. Wakil Departemen Perikanan dari Komite Agrikultural Taiwan, Lin Guoping (林國平) menyatakan, pihaknya masih belum mengetahui secara pasti mengapa Angkatan Laut Indonesia melakukan pemeriksaan terhadap Kapal “Yong Man Shun.” Berdasarkan informasi, ada 3 orang Taiwan, 3 orang Filipina, dan 15 orang Indonesia di dalam kapal tersebut. (Red/*)

Check Also

PMK JUGA LAKUKAN INI

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Nyunsepnya sebuah sepeda motor gerobak beroda 3 ke sungai terjadi pagi ini, …