Minggu, 20 Oktober 2019, 0:08
Home / NEWS / GUNA MENCARI BIBIT UNGGUL UNESA ADAKAN FESTIVAL TARI PELAJAR
Juara 1 Festial Tari Unesa

GUNA MENCARI BIBIT UNGGUL UNESA ADAKAN FESTIVAL TARI PELAJAR

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Festival Tari Tradisional Pelajar (FTTP) 2019 diselenggarakan oleh Universitas Surabaya (Unesa) Jurusan Sendratasik Kelompok Kegiatan Mahasiswa Tari dengan tema ‘Spirit Tradisi Dalam Bingkai Modernisasi’ diikuti pelajar tingkat SMP dan SMA se – Jawa Timur diikuti oleh 49 peserta terdiri dari 15 peserta setingkat SMP dan 34 peserta tingkat SMA yang berlangsung di Gedung Pertunjukan Sawunggaling Unesa, Jl. Kampus Unesa Lidah Wetan, Surabaya.

Delia Ayis Aroma selaku Ketua Pelaksana mengatakan, “Festival ini sebagai upaya menumbuhkan semangat pelajar dan memfasilitasi pelajar untuk selalu menghargai dan mencintai seni serta terus mengembangkan seni tradisional di era moderenisasi ini,” tuturnya di gedung Pertunjukan Sawunggaling.

Ayis panggilan akrab mahasiswa semester 5 jurusan Tari ini menjelaskan, kriteria penilaian untuk juara umum diambil dari komposisi geraknya, kekuatan tekniknya, penampilan, kepenarian, kostum, best sporter, dan juara favorit. Sedangkan untuk kriteria penialian untuk juara 1 hingga juara 3 diambil dari penampilan tim dan kepenariannya saja.

Dr. Anik Juwariyah, M. Si selaku Ketua Jurusan Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik) Unesa usai membuka FTTP 2019 mengatakan, selain ajang pelestarian budaya, ini sebagai upaya untuk mengenalkan jurusan Sendratasik ke sekolah di Jawa Timur, kemudian untuk mencari bibit unggul dan diharapkan mereka (peserta – red) setelah ini, bisa masuk kuliah ke jurusan Sendratasik, “Ini salah satu langkah kami untuk mensupport pendidikan seni tari disekolah,” katanya.

Foto bersama saat festival tari Unesa.

Anik menepis banyak tanggapan jika menggeluti seni tari masa depan kurang cemerlang, menurutnya selama dikerjakan dengan baik dan konsisten akan memberikan manfaat lebih, “Lulusan dari Unesa juga banyak yang sudah go internasional dan alhamdulillah tahun ini seni menjadi jurusan unggulan Unesa,” tuturnya.

Dalam festival tahunan ini mengambil target pemenang juara 1, 2, dan 3., Kemudian 10 penyaji terbaik non ranking, penari putra terbaik, penari putri terbaik, tata rias dan busana terbaik, penyaji favorit, best suporter, dan juara umum.
Dan dalam ajang itu, Drs. Peni Puspito, M. Hum, Dra. Jajuk Dwi Sasanadjati, M. Hum, dan Rochmat Joko Parakoso, S. Sn selaku dewan juri mengambil keputusan, SMPN 22 Surabaya berhasil meraih predikat juara umum, sedangkan untuk tingkat SMA diraih oleh SMA 1 Tenggarang. (Red/*)

Check Also

WAGATABERITA.COM – SUMEDANG. Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Sumedang