Rabu, 28 Juli 2021, 14:36
Home / JAKARTA / BEGINI ATURAN VAKSIN TERBARU PUTUSAN MENKES
Ilustrasi covid.

BEGINI ATURAN VAKSIN TERBARU PUTUSAN MENKES

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan covid – 19 diperbaharui oleh Kementerian Kesehatan guna meningkatkan cakupan program vaksinasi nasional yang tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 18 Tahun 2021 dan disahkan oleh Menteri Kesehatan pada tanggal 28 Mei 2021 menggantikan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 yang dirubah menyesuaikan situasi dan kondisi saat ini.

Kementerian Kesehatan dalam PMK baru ini mengizinkan penggunaan jenis vaksin covid – 19 yang sama pada program vaksinasi pemerintah dengan vaksinasi Gotong Royong dimana ketentuan bahwa jenis vaksin covid – 19 untuk Vaksinasi Program yang diperoleh dari hibah, sumbangan, ataupun pemberian baik dari masyarakat maupun negara lain.

Vaksin covid – 19 yang dimaksud diterangkan agar tak boleh diperjual belikan termasuk harus diberikan tanda khusus agar dapat dikenali secara kasat mata dan pada PMK baru juga diatur penanganan Kejadian Ikutan Pasca Vaksinasi covid – 19 yang membutuhkan pengobatan dan perawatan di faskes sesuai dengan indikasi medis dan protokol pengobatan.

Dijelaskan bagi peserta aktif Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) maka pembiayaannya akan ditanggung melalui mekanisme JKN dan dapat dilakukan di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) bila peserta nonaktif dan bukan peserta JKN pembiayaan melalui mekanisme pendanaan lain bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara sesuai ketentuan peraturan Perundang – undangan.

Lanjut penjelasan peraturan pembiayaan pada pelayanan kesehatan yang diberikan Pemerintah yakni setara dengan kelas III program Jaminan Kesehatan Nasional atau bila melakukan permintaan sendiri untuk pelayanan diatas kelas III selisih biaya akan ditanggung oleh yang bersangkutan, Senin (14/06/2021).

Sebagai penyelenggara program vaksinasi nasional guna berupaya mempercepat kegiatan vaksinasi dalam rangka mencapai kekebalan kelompok dengan terus memerhatikan kebutuhan vaksinasi covid Р19 di Indonesia berbagai upaya terus dilakukan Kementerian Kesehatan salah satunya dengan memperbaharui ketentuan  tersebut. (Red)

Check Also

CHRISTIANTO W BERPULANG INI CATATAN DIDIK J R

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Didik J Rachbini adalah seorang Ekonom INDEF yang