Minggu, 18 November 2018, 7:21
Home / KESEHATAN / PIUTANG 21 MILIAR RUPIAH DISANGGAH BPJS PROBOLINGGO
Suasana Kantor BPJS Probolinggo, Jum'at (05/01/2018), Sumber Foto : Zulkiflie

PIUTANG 21 MILIAR RUPIAH DISANGGAH BPJS PROBOLINGGO

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Menyikapi klaim pihak manajemen RSUD dr Mohammad Saleh kota Probolinggo, Jawa Timur, yang menjelaskan bahwa krisis obat di rumah sakit terjadi lantaran piutang sebesar 21 milyar belum dibayarkan oleh pihak BPJS langsung mendapat sanggahan.

Sanggahan itu disampaikan langsung oleh, Kepala Kantor Cabang BPJS Probolinggo, Mirah Esthirini. Menurutnya, Angka piutang sebesar 21 milyar yang disampaikan oleh manajemen RSUD Dr Mohammad Saleh tidak benar.

Selain itu, penjelasan managemen RS terkait rentang waktu piutang yang semestinya dibayarkan tidak tepat. Yakni hanya bulan Oktober dan November tahun 2017 saja.

“Datanya biaya pasien yang sudah masuk ke BPJS hanya bulan itu saja. Sedangkan untuk bulan Desember masih belum masuk kepihaknya,” ungkap Mirah, Jum’at (05/01/2018).

Lebih lanjut Mirah memaparkan, jika besaran tanggungan hutang dari dua bulan itu hanya sebesar Rp 16 Milliar saja, setelah dilakukan verifikasi data pasien, yang  dirawat di rumah sakit dr Muhammad Saleh.

Ditambah dengan tanggungan obat – obatan hanya sebesar 500 juta, yakni mulai Juli sampai dengan November. Dan totalnya kurang lebih Rp 16,5 milliar saja. Sementara untuk bulan Desember pihak rumah sakit masih belum menyetorkan data pasien.

Mirah juga menjelaskan, jika biaya  obat – obatan pasien tergolong tidak terlalu besar, dibandingkan dengan biaya jasa medis dan rumah sakitnya.

Hal itu dibuktikan, dengan hutang biaya obat untuk RSUD dr Mohammad Saleh hanya berkisar angka Rp 100 jutaan saja dalam setiap bulannya. Padahal diluar itu satu bulannya BPJS harus membayarnya rata – rata kurang lebih Rp 8 Milliar.

“Kami sudah ajukan tanggungan itu dan segera akan terbayarkan. Karena keterlambatan ini, bukan hanya Probolinggo saja. Namun bersifat Nasional. Secara otomatis pencairannya secara bergantian,” tandasnya. (Zulkiflie/Halu)

Check Also

SAMBUT HARI PAHLAWAN, WARGA LERENG BROMO PROBOLINGGO MAIN PERANG – PERANGAN

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Menyambut peringatan 10 November, yang merupakan hari pahlawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *