Selasa, 19 Januari 2021, 2:53
Home / HOTNEWS / SEMERU MELETUS BERIKUT WILAYAH YANG TERDAMPAK
Posko pengungsi Erupsi Gunung Semeru.

SEMERU MELETUS BERIKUT WILAYAH YANG TERDAMPAK

WAGATABERITA.COM – LUMAJANG. Peningkatan aktifitas Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang yang akhirnya meletus pada hari ini Selasa (01/12/2020) pada pukul 01 : 23 WIB menyemburkan lahar panas dan kondisinya semakin meningkat pada pukul 03 : 00 WIB hingga terjadi hujan bercampur abu awan panas yang letusannya masih berlangsung dengan potensi lahar panas cukup kuat.

Pantauan Pos Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang berada di wilayah Gunung Sawur Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang melaporkan keberadaan Gunung Semeru telah terjadi dan teramati awan panas guguran dengan jarak luncur 2.000 Meter kearah Besuk Koboan yang datanya terekam di Sismograf 20 milimeter lahar gempa sedang berlangsung.

Mendapat informasi tersebut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghimbau, ”saya mengimbau agar masyarakat sekitar mewaspadai aliran lahar panas bila terjadi hujan deras,” katanya dari Bandara Juanda sesaat sebelum melakukan misi dagang ke Palembang.

Mendapat laporan kondisinya Gubernur berharap masyarakat Dusun Curah Koboan Desa Supiturang dan Rowobaung Desa Oro – oro Ombo Kecamatan Pronojiwo dan Dusun Kajar Kuning Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro segera keluar dari rumah mereka.

Himbauan dilakukan karena kondisi tersebut berpotensi lahar panas terjadi apabila turun hujan khususnya bagi masyarakat yang beraktifitas sebagai penambang di aliran DAS Rejali, Besuk Semut dan Besuk Sat, dipinta agar segera menghentikan aktifitasnya, “pengungsi warga berada di Pos Gunung Sawur, SD Supiturang, dan Masjid terdekat,” pinta Gubernur. (Red)

Check Also

INI KONDISI DUA LOKASI IMBAS ERUPSI GUNUNG SEMERU YANG DITINJAU KHOFIFAH BERSAMA KEPALA BNPB

WAGATABERITA.COM – LUMAJANG. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama