Minggu, 7 Maret 2021, 6:07
Home / JAKARTA / WASPADA VARIAN BARU CORONA BERIKUT CERITA AWAL BERJANGKITNYA VIRUS HINGGA MUTASI TERBARU
Ilustrasi covid.

WASPADA VARIAN BARU CORONA BERIKUT CERITA AWAL BERJANGKITNYA VIRUS HINGGA MUTASI TERBARU

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Terdapat Mutan baru covid – 19 yang dikenal sebagai varian Inggris (UK) dengan kode genomik B – 117 yang terdeteksi terdapat di lebih dari 45 negara, termasuk Malaysia, Singapura, dan Filipina tetapi di Indonesia kasus tersebut belum ditemukan, Sabtu (23/01/2021).

Diketahui varian B – 117 telah menjadi momok baru yang mulai terdeteksi sejak September 2020 tetapi baru dilaporkan 14 Desember 2020 oleh Otoritas Kesehatan Inggris Raya (United Kingdom) ke WHO dimana dengan tempo kurang tiga bulan, mutan baru mendominasi kasus infeksi covid – 19 di Inggris.

Varian baru ini diketahui 70 persen lebih menular ketimbang varian sebelumnya terbukti pada bulan November lebih dari 60 persen pasien covid – 19 di Inggris bagian selatan terpapar oleh varian B – 117 ini tetapi dijelaskan Otoritas Kesehatan UK mutan ini tidak lebih ganas karena faktanya persentase kematian dari pasien covid – 19 relatif tak berubah.

Termasuk durasi perawatan pasien covid – 19 kategori berat tetap tak berubah selama 28 hari dan varian B – 117 dapat didiagnosa dengan mesin PCR standar dan terdeteksi dengan rapid test kit yang ada, baik yang berbasis antigen atau antibodi tetapi daya tularnya memang yang kian menguat.

Varian D – 614 – G adalah awal virus covid – 19 yang mulai muncul awal Februari 2020 yang pertama menjangkit Wuhan sejak Desember 2019 yang berkembang cepat menjadi dinasti virus patogen sebagai strain baru penyebab severe acure respiratory syndrome (SARS), sindrom akut gangguan pernafasan yang mirip virus flu onta SARS – 1.

Sejak Juni 2020 Varian D – 614 – G ini menjadi paling dominan secara global dimana pada September 2020, 92.000 isolat yang dihimpun Lembaga Riset GISAID di Jerman dari seluruh penjuru dunia, sebanyak 77,5 persen mengandung genom (material genetik) dan dari 24 isolat asal Indonesia yang dikirim ke GISAID, sembilan di antaranya mengandung genome D – 614 – G.

Genom D – 614 – G terlihat memiliki ‘spike’ semacam duri tebal dari protein dapat membuatnya mudah menempel pada sel inang dengan rangkaian sepanjang 26.000 – 32.000 unit asam nukleat dalam delapan segmen mutasi terus berlanjut, dimana saat kini varian UK lebih menonjol dengan genome B – 117 dan varian Afrika Selatan dengan genome N – 501 – Y yang dianggap daya tular yang lebih kuat.

Genom B – 117 varian UK sendiri terdiri dari untaian 23 unit asam nukleat dilaporkan tidak berhubungan dengan genom virus aslinya sehingga dugaan genom B – 117 itu berasal dari virus lain, sementara mutan Afrika Selatan N – 501 – Y bisa disebut varian baru bila terbukti ilmiah dengan persyaratan termasuk mutan Belanda, Denmark, dan Brazil yang juga muncul.

Diketahui varian baru dapat disebut bila telah memenuhi berbagai persyaratan, tetapi bila syarat varian itu terpenuhi dan sosok varian baru tak lagi dapat dideteksi oleh mesin PCR dengan cartridge reagen yang ada maka dapat disebut strain baru karena kondisinya terlalu beda dari para tetuanya. (Red)

Baca Juga:

    Check Also

    DANA BOS DAN DAK FISIK 2021 DISALURKAN BEGINI ATURAN KEGUNAANYA

    WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Kebijakan terkait skema penyaluran Bantuan Operasional