Sabtu, 18 September 2021, 5:02
Home / JAKARTA / BERBAGAI JENIS VAKSIN BUAT MASYARAKAT SAAT INI
Menlu Retno Marsudi saat bersama Presiden Jokowi. (Dokumen)

BERBAGAI JENIS VAKSIN BUAT MASYARAKAT SAAT INI

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Dalam rangka memberi vaksin covid – 19 pada masyarakat Indonesia Pemerintah terus berupaya mengamankan pasokan vaksin dengan berbagai upaya dan mekanisme yang tersedia dimana hal tersebut dilakukan Kementerian Luar Negeri.

Hal tersebut terbukti dengan kembali datangnya 450 ribu dosis vaksin AstraZeneca yang tiba di Bandara Internasional Soekarno – Hatta, Tangerang dengan menggunakan pesawat KLM bernomor penerbangan KL – 0837.

Dikutip laman Kepresidenan Kamis (19/08/2021) Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menerangkan, “malam ini kita menerima 450 ribu dosis vaksin AstraZeneca yang merupakan dose sharing dari pemerintah Belanda. Kedatangan vaksin AstraZeneca adalah pengiriman tahap pertama dari komitmen pemerintah Belanda untuk memberikan dukungan 3 juta dosis vaksin bagi Indonesia melalui mekanisme kerja sama bilateral dose sharing mechanism,” ungkapnya.

Pembicaraan yang telah dilakukan dengan Menteri Luar Negeri Belanda, Sigrid Kaag dan Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte di Denhaag atas dukungan vaksin dari Pemerintah Belanda. Kata Retno, “untuk itu, atas nama Pemerintah Indonesia saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Belanda atas dukungan dose sharing vaksin yang diberikan serta kerja sama yang lebih erat ke depannya,” katanya.

Dipastikan Retno Kementerian Luar Negeri dan diplomasi Indonesia akan terus berupaya, “bekerja untuk memastikan keamanan pasokan vaksin bagi Indonesia dari semua jalur dengan segala mekanisme yang tersedia, dan diplomasi Indonesia juga akan terus bekerja antara lain untuk menyuarakan agar kesetaraan vaksin bagi semua negara dapat terwujud,” tuturnya.

Selain itu pembelian 1.560.780 dosis vaksin Pfizer juga dilakukan Pemerintah dimana vaksin telah tiba di Indonesia termasuk 567.500 dosis vaksin AstraZeneca dan 5 juta vaksin Sinovac, “Pemerintah akan terus meningkatkan ikhtiar guna menjamin pasokan vaksin untuk kebutuhan rakyat Indonesia. Sekali lagi, mari kita dukung program vaksinasi agar kita bersama dapat keluar dari pandemi ini,” ajak Retno. (Red)

Check Also

INI VAKSIN JENIS TERBARU YANG DIRESTUI BPOM

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Dalam rangka penanganan covid – 19 di Indonesia